Sabtu, 08 November 2014

Tugas 5s Pengantar Bisnis


      Nama: Tiara Revischa
      Kelas: 1EB23

      1. Jelaskan tentang pengertian organisasi sebagai badan maupun sebagai terstruktur!
      2.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan rentang kendali dan jelaskan pula apa saja yang menetukan tinggi rendahnya rentang kendali!
      3.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur organisasi matriks dan apa saja keunggulan dan kelemahannya!
      4.Jelaskan pengertian organisasi formal dan informal beserta karakteristikn ya masing masing!
      5.Jelaskan perbedaan antara pengelolaan organisasi secara sentralisasi dengan desentralilsasi! Apa keunggulan dan kelemahannya masing masing!
Jawab:

      1.Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu atau beberapa tujuan tertentu.
Organisasi dalam arti bagan atau strukutur adalah gambaran secara skematis tentang hubungan-hubungan kerja sama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha untuk mencapai suatu tujuan.

      2. Rentang kendali adalah jumlah optimal bawahan yang diawasi atau yang harus diawasi oleh seorang manajer
 Hal yang menetukan tinggi rendahnya rentang kendali:
·         Sifat dan terperincinya rencana 
·         Latihan-latihan dalam perusahaan 
·         Posisi Manager dalam perusahaan 
·         Dinamis & Statisnya Organisasi 
·         Efektivitas Komunikasi Tipe pekerjaan yang dilakukan
·         Kecakapan & Pengalaman Manager 
·         Span of Personality and Energy 
·         Dedikasi dan Partisipasi bawahan.
      3. Organisasi matriks adalah organisasi yang mengumpulkan para spesialis dari bagian bagian berbeda organisasi untuk mngerjakan proyek proyek tertentu, tetapi masih merupakan bagian dari struktur jalur dan staf.
Keuntungan dari organisasi matriks:
·         Struktur ini memberikan fleksibelitas kepada para manajer dalan menugaskan orang orang dalam proyek proyek
·         Struktur ini mendorong kooperasi interorganisasional dan kerja sama tim’
·         Struktur ini dapat menghasilkan solusi kreatif untuk masalah masalah seperti yang berhubungan dengam pengembangan produk
·         Struktur ini menawarkan penggunaan yang efisien akan sumber sumber organisasional
Kelemahan dari organisasi matriks:
·         Gaya ini mahal dan kompleks
·         Gaya ini dapat menyebabkan kebingungan diantara para karyawan sehubungan dengan kesetiaan mereka kepada manajer proyek atau unit fungsional mereka
·         Gaya ini mewajibkan keterampilan interpersonal yang baik serta manajer dan karyang yang kooperatif; masalah komunikasi dapat muncul
·         Gaya ini mungkin hanya merupakan solusi temporal untuk masalah jangka panjang

      4. Organisasi formal adalah srtuktur yang memperinci jalur jalur tanggung jawab, otoritas dan
posisi yang berarti, struktur yang diperlihatkan dibagan organisasi.
Organisasi informal adalah sistem hubungan dan jalur otoritas yang berkembang secara spontan ketika para karyawan bertemu dan membentuk pusat kekuatan yang berarti, sisi manusia dari organisasi yang tidak muncul dibagan organisasi apapun.

           Karakteristik organisasi formal:
·          Suatu organisasi terdiri dari hubungan-hubungan yang ditetapkan antara jabatan-jabatan. Blok-blok bangunan dasar dari organisasi formal adalah jabatan-jabatan.
·         Tujuan atau rencana organisasi terbagi kedalam tugas-tugas; tugas-tugas organisasi disalurkan  di antara berbagai jabatan sebagai kewajiban resmi
·         Kewenangan untuk melaksanakan kewajiban diberikan kepada jabatan. Yakni, satu- satunya saat bahwa seseorang diberi kewenangan untuk melakukan tugas-tugas jabatan adalah ketika ia secara sah menduduki jabatannya.
·         Garis-garis kewenangan dan jabatan diatur menurut suatu tatanan hierarkis. Hierarkinya mengambil bentuk umum suatu piramida, yang menunjukkan setiap pegawai bertanggung jawab kepada atasannya atas keputusan-keputusan bawahannya serta keputusan-keputusannya sendiri.
·         Suatu sistem aturan dan regulasi yang umum tetapi tegas, yang ditetapkan secara formal, mengatur tindakan-tindakan dan fungsi-fungsi jabatan dalam organisasi.
Karakterisrik organisasi informal:
·         Organisasi informal adalah hubungan pribadi dalam organisasi yang mempengaruhi putusan di dalam organisasi tersebut tetapi ditiadakan dari skema formal dan tidak panggah dengan struktur formal organisasi.
·         Organisasi informal tumbuh karena berbagai faktor baik ekstern (pendidikan, umur, senioritas, jenis kelamin, latar belakang etnis dan kepribadian), maupun intern (jabatan, upah, jadwal kerja, mobilitas, dan simbol status)
·         Organisasi informal membentuk klik, status dan peranan, norma dan sanksi serta metode kerja sendiri lain dengan aturan formal.
·          Organisasi informal dapat bermanfaat bagi pribadi anggota dan organisasi, namun juga dapat membahayakan organisasi.
·         Organisasi informal berkembang dalam berbagai bentuk.

     5. Organisasi sentralisasi adalah sebuah sttruktur organisasi yang mempertahankan otorits pengambilan keputusan ditingkat manajemen puncak di markas besar perusahaan.
Organisasi desentralisasi asalah sebuah struktur organisasi yang mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan kepada para manajer tingkat lebih rendah yang lebih familier dengan kondisi lokal ketimbang manajemen markas besar.

Keuntungan
Kerugian
Sentralisasi:
  •          Kendali manajmen puncak yang lebih besar
  •          Efesiensi yang lebih
  •          Sistem distribusi lebih sederhana
  •          Kesan korporat atay merek lebih kuat


  •          Kurangnya respon terhadap pelanggan
  •     Kurangnya pemberdayaan
  •     Konflik interorganisasi
  •         Moral yang lebih rendah jauh dari markas besar

Keuntungan
                   Kerugian
Desentralisasi:
  •  Adaptasi yang lebih baik terhadap keinginan pelanggan
  •   Lebih banyak pemberdayaan pekerja
  •  Pengambilan keputusan yang lebih cepat
  •  Moral yang lebih tinggi


  •          Kurangnya efisiensi
  •         Sistem distribusi yang kompleks
  •      Kendali manajemen puncak yang lebih sedikit
  •      Kesan korprat yang lemah


         Sumber:
·        Buku Pengantar Bisnis (Understanding Business),buku 1 edisi 8, pengarang: Nickels, McHugh, penerbit: Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar